Mahasiswa PKL Polstat STIS Implementasikan KSA di Bali - News - BPS-Statistics Indonesia Dompu Regency

-

Dompu Regency In Figures Publication 2023 could be downloaded here

Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) BPS Kabupaten Dompu

Mahasiswa PKL Polstat STIS Implementasikan KSA di Bali

Mahasiswa PKL Polstat STIS Implementasikan KSA di Bali

February 19, 2019 | Other Activities


Bali - Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) bersama Kepala BPS, Kecuk Suhariyanto membuka Praktik Kerja Lapangan (PKL) Politeknik Statistika (Polstat) STIS di Gedung Wiswasabha Utama Kantor Gubernur Bali, kemarin (18/2). Dalam sambutannya, Cok Ace menyambut baik dipilihnya Bali sebagai lokasi penelitian bagi para mahasiswa, terlebih penelitian ini terkait dengan sektor pertanian.

Pembangunan pertanian menjadi salah satu fokus pembangunan Bali dalam visi “Nangun Sat Kerthi Loka Bali”, di mana visi ini mengandung makna menjaga kesucian dan keharmonisan alam Bali beserta isinya. Untuk mendukung kebijakan tersebut, ketersediaan data yang berkualitas sangat dibutuhkan, baik dalam penyusunan perencanaan maupun evaluasi pembangunan. "Dukungan data yang beragam dan up to date sangat kami perlukan. Besar harapan kami hasil PKL dari para mahasiswa ini bisa memberi referensi dalam penyusunan kebijakan, khususnya yang terkait dengan pertanian," tuturnya.

PKL Angkatan 58 yang diikuti oleh 516 mahasiswa ini mengambil topik “Era Baru Data Pangan: Implementasi Kerangka Sampel Area (KSA) serta Studi Pola Tanam dan Karakteristik Petani di Sarbagita dan Klungkung”. Para mahasiwa akan disebar di 252 desa di lima kabupaten di Bali, yaitu Kabupaten Badung, Gianyar, Tabanan, Klungkung, dan Kota Denpasar selama dua minggu.
Kecuk menjelaskan topik pangan dipilih karena strategis serta menjadi prioritas pemerintah. Apalagi pada Oktober 2018 lalu, BPS kembali merilis data pangan dengan menggunakan teknologi terkini, yaitu KSA, hasil kolaborasi dengan BIG, LAPAN, BPPT, dan Kementerian ATR/BPN. “Alhamdulillah, kita mendapat apresiasi yang positif, baik di dalam negeri maupun dari mancanegara. Tentu ada pro dan kontra atas data yang dirilis waktu itu, tapi seiring berjalannya waktu dengan komunikasi yang baik dengan seluruh pihak, data BPS menjadi satu-satunya rujukan dalam pengambilan keputusan pangan di tanah air,” ujarnya.

Sementara itu, Bali dipilih sebagai lokasi PKL karena merupakan salah satu lumbung padi di luar Pulau Jawa dengan produktivitas lahan yang tinggi. Selain itu, kontur serta relief geografis Bali yang khas, cocok untuk menguji implementasi KSA pada sawah terasering dengan petak-petak kecil.
(Credit: Humas Bps Provinsi Bali)

#GerakanCintaData
#PolstatSTIS

Badan Pusat Statistik

BPS-Statistics Indonesia

Badan Pusat Statistik Kabupaten Dompu (Statistics Indonesia Dompu Regency) Jln. Akasia No. 2 Dompu 84211

Telp (0373) 21084

Faks (0373) 21084

Mailbox : bps5205@bps.go.id

logo_footer

Manual

ToU

Links

Copyright © 2023 BPS-Statistics Indonesia