IKK Salah Satu Penentu DAU - News - BPS-Statistics Indonesia Dompu Regency

-

Dompu Regency In Figures Publication 2023 could be downloaded here

Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) BPS Kabupaten Dompu

IKK Salah Satu Penentu DAU

IKK Salah Satu Penentu DAU

June 17, 2019 | BPS Activities


Semarang - "IKK (Indeks Kemahalan Kontruksi, red) merupakan indeks spasial, dibangun dari Survei Harga Kemahalan Konstruksi (SHKK). Rekonsiliasi ini menjadi ajang 'speak up', bertanya dan berdiskusi. Saatnya mencermati keterbandingan antarprovinsi," jelas Nurul Hasanudin, Direktur Statistik Harga BPS saat membuka “Rekonsiliasi Nasional Data IKK dan Pembinaan Kasi Statistik Harga Keuangan dan Harga Perdagangan Besar (HK dan HPB)” di Hotel Novotel Semarang, (17/6). Turut hadir pada pembukaan, Kepala BPS Provinsi Jawa Tengah, Sentot Bangun Widoyono beserta jajarannya.

IKK adalah suatu indeks yang menggambarkan tingkat perbandingan harga barang konstruksi antarwilayah. Penghitungan IKK sangat penting karena merupakan salah satu variabel penentu besaran Dana Alokasi Umum (DAU). IKK tergolong indeks spasial, yang berarti indeks yang dihitung berdasarkan wilayah dan menggunakan kota acuan sebagai dasar penghitungan indeksnya. Pada periode tertentu, kota yang menjadi acuan berbeda-beda. Tahun ini, Semarang menjadi kota acuan karena besaran indeks mendekati angka 100. Bila IKK suatu wilayah lebih dari 100, maka harga bahan konstruksi di wilayah tersebut tergolong tinggi dan sebaliknya, jika kurang dari 100, maka biaya konstruksi tergolong rendah.

Pada hari ketiga, (19/6), para peserta dijadwalkan akan melakukan pengecekan data responden sewa alat berat dan toko bahan bangunan. Peserta akan mencoba menggali jawaban responden sehingga diperoleh jawaban yang benar dan sesuai kondisi terkini.

#GerakanCintaData

Badan Pusat Statistik

BPS-Statistics Indonesia

Badan Pusat Statistik Kabupaten Dompu (Statistics Indonesia Dompu Regency) Jln. Akasia No. 2 Dompu 84211

Telp (0373) 21084

Faks (0373) 21084

Mailbox : bps5205@bps.go.id

logo_footer

Manual

ToU

Links

Copyright © 2023 BPS-Statistics Indonesia