PMTB untuk Program Prioritas Nasional - News - BPS-Statistics Indonesia Dompu Regency

-

Dompu Regency In Figures Publication 2023 could be downloaded here

Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) BPS Kabupaten Dompu

PMTB untuk Program Prioritas Nasional

PMTB untuk Program Prioritas Nasional

August 22, 2019 | BPS Activities


Bogor - “Sekadar mengingatkan kembali latar belakang dari kegiatan Disagregasi Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB, red) ini, pemerintah mempunyai program yang kita kenal sebagai Program Prioritas Nasional. Nah, untuk melihat indikator keberhasilan pembangunan tersebut diperlukan penguatan terkait dengan data. BPS kembali dipercaya untuk melakukan pengumpulan data yang bertujuan untuk mendukung kegiatan Prioritas Nasional tersebut,” ucap Direktur Neraca Pengeluaran BPS, Puji Agus Kurniawan dalam sambutannya pada pembukaan acara Rekonsiliasi Survei Penyusunan Disagregasi PMTB 2019, (21/8). Acara yang dilaksanakan di Hotel Grand Savero, Bogor tersebut berlangsung dari tanggal 20-24 Agustus 2019 serta diikuti oleh peserta dari BPS pusat dan BPS provinsi.

Tujuan dari Program Prioritas Nasional tahun 2019 antara lain peningkatan nilai tambah ekonomi melalui pertanian, industri, dan jasa produktif lainnya; percepatan peningkatan ekspor dan nilai tambah industri pengolahan; dan perbaikan iklim usaha dan peningkatan investasi. Sejalan dengan program nasional tersebut memang dibutuhkan data investasi fisik atau PMTB yang dirinci menurut sektor institusi dan lapangan usaha. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, BPS melaksanakan kegiatan Penyusunan Disagregasi PMTB.

Kegiatan itu sendiri sudah dilaksanakan secara bertahap, dimulai dari kegiatan perencanaan dan persiapan pada tahun 2017, kegiatan pengumpulan data dan diseminasi hasil disagregasi PMTB tahun 2018, serta kegiatan pengumpulan data lanjutan dan penyusunan stok kapital tahun 2019.

Sedangkan Survei Penyusunan Disagregasi PMTB 2019 bertujuan untuk memperoleh gambaran PMTB di Indonesia menurut jenis barang modal, lapangan usaha, dan sektor institusi, serta meningkatkan kualitas data nasional lain yang terkait dengan investasi.

Dengan tersedianya data PMTB yang rinci tersebut, diharapkan akan membantu pemerintah dalam mengambil kebijakan untuk meningkatkan iklim investasi dan mempermudah investor dalam berusaha, serta membantu dunia usaha dalam menentukan arah kebijakan usahanya.

#GerakanCintaData

Badan Pusat Statistik

BPS-Statistics Indonesia

Badan Pusat Statistik Kabupaten Dompu (Statistics Indonesia Dompu Regency) Jln. Akasia No. 2 Dompu 84211

Telp (0373) 21084

Faks (0373) 21084

Mailbox : bps5205@bps.go.id

logo_footer

Manual

ToU

Links

Copyright © 2023 BPS-Statistics Indonesia