“No One Left Behind” dalam Seminar Nasional Official Statistics 2019 - News - BPS-Statistics Indonesia Dompu Regency

-

Dompu Regency In Figures Publication 2023 could be downloaded here

Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) BPS Kabupaten Dompu

“No One Left Behind” dalam Seminar Nasional Official Statistics 2019

“No One Left Behind” dalam Seminar Nasional Official Statistics 2019

September 25, 2019 | Other Activities


Jakarta - “Fungsi penting dari SDGs adalah interaksi dari tiga dimensi yang dilakukan dengan prinsip universal, integrasi dan inclusif, no one left behind tidak boleh ada yang tertinggal, kita tidak boleh meninggalkan yang di bawah hanya terpatok yang di atas, tetapi seluruhnya harus kita pikirkan karena itu menjadi kunci yang ada di SDGs,” ujar Kecuk Suhariyanto saat memberikan keynotespeech di hadapan peserta seminar Seminar Nasional Official Statistics 2019 di Auditorium Politeknik Statistik (Polstat) STIS, Selasa (24/9).

Seminar ini digelar Polstat STIS dalam rangka peringatan Dies Natalis dan Hari Statistik Nasional (HSN) 2019. Peserta berasal dari mahasiswa, dosen dan karyawan Polstat STIS, peserta umum, reviewer serta tamu undangan dari Kementerian dan Lembaga.

Tema seminar kali ini adalah “Pengembangan Official Statistics dalam Mendukung Implementasi Sustainable Development Goals (SDGs)”. BPS sebagai lembaga yang dalam undang-undang bertanggung jawab dalam penyelenggaraan kegiatan official statistics, berupaya menyediakan data dan informasi bagi indikator SDGs baik melalui survei maupun kolaborasi dengan kementerian/lembaga. Beberapa waktu lalu, BPS telah mengembangkan metode Kerangka Sampel Area (KSA) yang digunakan untuk mengestimasi luas panen padi.

Penggunaan metode KSA merupakan salah satu inovasi dalam menghasilkan official statistics yang berkualitas sehingga ketersediaan data di bidang ketahanan pangan lebih cepat dan akurat. Terkait KSA, dua mahasiswa Poltek STIS tampil mempresentasikan hasil riset dan Praktek Kerja Lapangan (PKL) mereka di Klungkung Bali. PKL Angkatan 58 ini mengangkat tema “Era Baru Data Pangan: Implementasi KSA serta Studi Pola Tanam dan Karakteristik Petani Padi Sarbagita dan Klungkung Provinsi Bali.

Selain Kecuk, narasumber yang hadir antara lain Nicholas Longford (Imperial College London), Mr. Siim Esko (Positium Estonia), dan Yudi Anantasena (Deputi Teknologi SDA BPPT). Sedangkan Setia Permana dari Polstat STIS bertindak sebagai moderator. Dari Seminar Nasional Official Statistics ini diharapkan dapat menghasilkan berbagai pemikiran yang solutif dan inovatif terkait dengan ketahanan pangan di Indonesia.

Badan Pusat Statistik

BPS-Statistics Indonesia

Badan Pusat Statistik Kabupaten Dompu (Statistics Indonesia Dompu Regency) Jln. Akasia No. 2 Dompu 84211

Telp (0373) 21084

Faks (0373) 21084

Mailbox : bps5205@bps.go.id

logo_footer

Manual

ToU

Links

Copyright © 2023 BPS-Statistics Indonesia