Terbanglah Semakin Tinggi, Radar Padi! - News - BPS-Statistics Indonesia Dompu Regency

-

Dompu Regency In Figures Publication 2023 could be downloaded here

Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) BPS Kabupaten Dompu

Terbanglah Semakin Tinggi, Radar Padi!

Terbanglah Semakin Tinggi, Radar Padi!

October 16, 2019 | BPS Activities


Jakarta - Membanggakan. Mungkin kata itulah yang pantas dipilih untuk menggambarkan capaian yang berhasil diraih salah satu inovasi besutan BPS, RADAR PADI (Raih Data Akurat Padi). Inovasi dengan metode kerangka sampel Area (KSA) tersebut baru saja meraih penghargaan TOP 45 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2019 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN/RB), Selasa (15/10).

Menteri PAN/RB, Syafruddin, menyampaikan bahwa inovasi menjadi kekuatan penting suatu bangsa dalam menghadapi perubahan. "Seluruh inovasi yang hadir di sini merupakan inovasi best of the best. Tidak hanya singkatannya, idenya juga tak kalah menarik. Selanjutnya saya harap semuanya terus melakukan penguatan pelayanan publik. Pertahankan, manfaatkan, dan dayagunakan inovasi yang ada di masing-masing kementerian/lembaga/daerah," ujarnya.

Dalam penyerahan apresiasi yang dilakukan di Istana Wakil Presiden tersebut, BPS diwakili oleh Kepala BPS, Suhariyanto, Deputi Bidang Statistik Produksi BPS, M.Habibullah, beserta Direktur Statistik Peternakan, Perikanan, dan Kehutanan BPS, Kadarmanto. "Terima kasih banyak atas kerja keras seluruh teman-teman ya. Sampaikan salam saya untuk semua tim yang sudah bekerja selama ini," ujar Kecuk saat menyambut tim Kedeputian Produksi di ruangannya seraya menyempatkan untuk berfoto bersama.

Acara tersebut menjadi sangat prestisius, hal ini mengingat penerima 45 inovasi yang hadir telah mampu menyisihkan 330 kementerian/lembaga dan pemerintah daerah yang tercatat mengumpulkan total 3.156 inovasi pada tahun ini. "Jangan jadikan inovasi sebagai keterpaksaan, tetapi kebutuhan. Selanjutnya semoga diteruskan untuk memberi manfaat pada masyarakat," ujar Wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla.

"Iklim kerja harus semakin baik ke depannya. Anak muda harus diberi ruang dan bimbingan untuk mengeluarkan ide kreatifnya. Jika bekerja dengan perasaan senang, akan muncul inovasi dengan sendirinya," tambah M. Habibullah menanggapi capaian RADAR PADI tahun ini. Selanjutnya RADAR PADI akan disertakan dalam ajang United Nations Public Service Awards (UNPSA) untuk berkompetisi dengan jawara inovasi pemerintahan yang ada di seluruh dunia.

Hadir untuk menghasilkan data luas panen padi yang lebih akurat dibandingkan metode sebelumnya, metode inovasi ini lahir dari hasil kolaborasi apik antara BPS, BPPT, ATR, BIG, dan LAPAN. Presiden pun sempat meminta seluruh kementerian mengacu pada data padi yang dirilis BPS berdasarkan metode KSA ini. Semoga kelak RADAR PADI mampu bersaing untuk memperoleh penghargaan pada level internasional di kemudian hari.

Badan Pusat Statistik

BPS-Statistics Indonesia

Badan Pusat Statistik Kabupaten Dompu (Statistics Indonesia Dompu Regency) Jln. Akasia No. 2 Dompu 84211

Telp (0373) 21084

Faks (0373) 21084

Mailbox : bps5205@bps.go.id

logo_footer

Manual

ToU

Links

Copyright © 2023 BPS-Statistics Indonesia