Survei Ubinan Tanaman Pangan Subground 3 Tahun 2016 - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Dompu

Untuk mendapatkan data mengenai statistik Kabupaten Dompu silakan datang ke Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kabupaten Dompu Jl. Akasia No. 2 Dompu 84211, Telp. & Fax (0373) 21084, Mailbox : bps5205@bps.go.id

Publikasi Kabupaten Dompu Dalam Angka 2023 dapat diunduh melalui link berikut

Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) BPS Kabupaten Dompu

Survei Ubinan Tanaman Pangan Subground 3 Tahun 2016

Survei Ubinan Tanaman Pangan Subground 3 Tahun 2016

13 Desember 2016 | Kegiatan Statistik


Sektor pertanian merupakan salah satu sektor yang mempunyai peranan cukup penting dalam perekonomian Indonesia. Salah satu subsektor pertanian yang mempunyai peranan yang sangat strategis adalah subsektor tanaman pangan, yang meliputi tanaman padi dan palawija. Peranan penting subsektor tanaman pangan adalah dalam hal pemenuhan kebutuhan tanaman pangan.

Mengingat pentingnya peran tersebut, dibutuhkan informasi mengenai produksi tanaman pangan yang akurat dan menggambarkan kondisi terkini. Salah satu informasi penting yang dibutuhkan dalam perhitungan produksi tanaman pangan adalah hasil per hektar (produktivitas) yang dikumpulkan secara rutin setiap subround melalui Survei Ubinan.

Informasi pokok yang dikumpulkan melalui Survei Ubinan adalah data produktivitas (hasil per hektar) tanaman padi sawah, padi ladang, jagung, kedelai, kacang tanah, ubi kayu dan ubi jalar. Informasi pendukung lainnya yang juga dikumpulkan dalam Survei Ubinan antara lain jenis lahan, cara penanaman, sistem penanaman jajar legowo (khusus padi), jenis kegiatan peningkatan produksi, banyaknya benih yang digunakan, jenis varietas benih yang digunakan (khusus padi dan jagung), banyaknya pupuk yang digunakan, informasi cara pengendalian terkena serangan hama/OPT, informasi bantuan benih, pupuk, alsintan dan informasi kualitatif dengan produktivitas.

Pengumpulan data produktivitas tanaman pangan (padi dan palawija) dilakukan secara sampel melalui Survei Ubinan dengan pendekatan rumah tangga dan menerapkan metode pengukuran langsung pada plot ubinan terpilih dan metode wawancara dengan petani sampel untuk mengumpulkan data beberapa karakteristik yang berkaitan dengan produktivitas .

            Survei Ubinan dilakukan secara rutin setiap tahun dalam tiga periode, yaitu subround/SR I (periode Januari-April), SR II (periode Mei-Agustus), dan SR III (periode September-Desember). Pemutakhiran rumah tangga dan pendaftaran petak di setiap lahan untuk suatu subround dilakukan pada bulan terakhir subround sebelumnya. Unit pencacahan Survei Ubinan adalah rumah tangga usaha tanaman pangan yang melakukan panen pada subround tertentu.

Tahun 2016 total alokasi sampel ubinan untuk kabupaten Dompu sebanyak 411 sampel, dengan rincian SR I sebanyak 199 sampel, SR sebanyak II 125 sampel, SR III sebanyak 87 sampel. Alokasi Sampel Desa dan Blok Sensus Alokasi sampel desa/blok sensus per kabupaten/kota untuk masing-masing subround di setiap provinsi dilakukan secara proporsional terhadap besarnya luas panen/tahun. Selanjutnya target sampel desa/blok sensus dialokasikan ke setiap strata dalam satu kabupaten secara proporsional terhadap luas baku lahan sawah. Alokasi Sampel Plot Ubinan menurut Jenis Tanaman Alokasi sampel plot ubinan menurut jenis tanaman pangan per kabupaten/kota dilakukan di di BPS RI, dan dilakukan untuk masing-masing subround secara proporsional terhadap besar luas panen tahun.

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kabupaten Dompu (Statistics Indonesia Dompu Regency) Jln. Akasia No. 2 Dompu 84211

Telp (0373) 21084

Faks (0373) 21084

Mailbox : bps5205@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik