Kerangka Sampel Area (KSA) BPS Kabupaten Dompu Tahun 2017 - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Dompu

Untuk mendapatkan data mengenai statistik Kabupaten Dompu silakan datang ke Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kabupaten Dompu Jl. Akasia No. 2 Dompu 84211, Telp. & Fax (0373) 21084, Mailbox : bps5205@bps.go.id

Publikasi Kabupaten Dompu Dalam Angka 2023 dapat diunduh melalui link berikut

Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) BPS Kabupaten Dompu

Kerangka Sampel Area (KSA) BPS Kabupaten Dompu Tahun 2017

Kerangka Sampel Area (KSA) BPS Kabupaten Dompu Tahun 2017

6 Februari 2017 | Kegiatan Statistik


Kerangka Sampel Area (KSA) adalah instrumen uji coba yang merupakan salah satu upaya dalam memperbaiki data statistik tanaman pangan dalam wujud perbaikan metodologi pengumpulan data statistik tanaman pangan yang representatif. Tujuan KSA dilakukan adalah  untuk mengestimasi luas panen padi secara lebih akurat dengan cara mengumpulkan foto tanaman padi pada berbagai fase tanam yaitu mulai pada fase pengolahan lahan hingga pengolahan pasca panen (satu musim tanam).

Pengambilan foto Kerangka Sampel Area pertama kali dilakukan pada tahun 2017. Adapun lokasi pengambilan foto KSA diserahkan sepenuhnya ke masing-masing BPS Kabupaten/Kota dengan sampel minimal 4 (empat) lokasi. Sejak awal bulan Januari 2017 BPS Kabupaten Dompu telah melakukan kegiatan tersebut di 9 (Sembilan) lokasi yang tersebar di 7 (tujuh) kecamatan kecuali Kecamatan Pekat.

  Salah satu kendala yang dihadapi saat pengambilan foto adalah cuaca yang kurang bersahabat karena KSA dilakukan secara rutin setiap minggu dengan ketentuan pengambilan foto dilakukan saat ada sinar matahari dan tidak boleh ada bayangan serta objek lain pada area yang di potret kecuali objek tanaman padi.

  Pengambilan foto KSA di BPS Kabupaten Dompu sudah memasuki minggu ke-6 dimana rata-rata umur padi sudah mencapai 40 hari serta daun padi sudah mulai rimbun dan jarak antar tanaman padi sudah tidak terlihat dengan jelas. Adapun foto KSA dilaporkan ke BPS Provinsi setiap 2 (dua) minggu sekali dengan mengirimkan Kuesioner KSA dalam bentuk .pdf dan foto KSA dalam bentuk .jpg. 

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kabupaten Dompu (Statistics Indonesia Dompu Regency) Jln. Akasia No. 2 Dompu 84211

Telp (0373) 21084

Faks (0373) 21084

Mailbox : bps5205@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik