Rakonreg PDRB se-Kalimantan - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Dompu

Untuk mendapatkan data mengenai statistik Kabupaten Dompu silakan datang ke Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kabupaten Dompu Jl. Akasia No. 2 Dompu 84211, Telp. & Fax (0373) 21084, Mailbox : bps5205@bps.go.id

Publikasi Kabupaten Dompu Dalam Angka 2023 dapat diunduh melalui link berikut

Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) BPS Kabupaten Dompu

Rakonreg PDRB se-Kalimantan

Rakonreg PDRB se-Kalimantan

11 Oktober 2018 | Kegiatan Statistik


Banjarmasin - “Keterkaitan pariwisata dengan sektor lainnya begitu luas. Jadi kalau sektor pariwisata berkembang, ia akan memberikan dorongan kepada kemajuan ekonomi yang lain,” kata Deputi Bidang Statistik Sosial BPS, Margo Yuwono ketika membuka Rapat Konsultasi Analisis Kajian Ekonomi Regional (Rakonreg) Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) se-Kalimantan Tahun 2018 dengan tema "Pengembangan Pariwisata dan Ekonomi Digital sebagai Alternatif Penunjang Pertumbuhan Ekonomi Daerah di Kalimantan,” di Hotel Mercure Banjarmasin, (10/10).

Dalam kegiatan yang diselenggarakan atas kerja sama Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) dengan BPS Provinsi Kalsel ini, ketua penyelenggara sekaligus Kepala BAPPEDA Provinsi Kalsel, Nurul Fajar Desira menjelaskan bahwa provinsi-provinsi di Kalimantan berupaya untuk meningkatkan pertumbuhan ekonominya. Untuk itu, data PDRB merupakan aspek penting dalam menyusun program dan kegiatan.

“Keberhasilan pengembangan tidak cukup hanya bermodal inovasi pembiayaan dan pendanaan, namun juga disertai dengan pendanaan yang kuat dan terukur, serta koordinasi antarlembaga yang kuat. Dalam rangka mengupayakan agar pertumbuhan ekonomi tidak semata-mata tergantung pada kategori lapangan usaha pertambangan dan penggalian, maka perlu digali potensi-potensi lainnya. Pengembangan pariwisata dan ekonomi digital diprediksi dapat menjadi alternatif dalam menunjang kebutuhan ekonomi daerah,” ujar Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel, Abdul Haris Makkie.

Dilakukan juga diskusi yang menghadirkan tiga narasumber, yaitu Setianto (Direktur Neraca Produksi BPS), Ichsan Zulkarnaen (Direktur Perencanaan Makro dan Analisis Statistik BAPPENAS), dan Gosen (Kasubbag Perencanaan Sektoral Kementerian Perindustrian RI). Para narasumber menjelaskan tentang pariwisata, ekonomi digital, dan Revolusi Industri 4.0 guna meningkatkan perekonomian daerah. Untuk mendukung hal tersebut tentunya diperlukan infrastruktur yang bagus dan kebijakan yang tepat, termasuk dalam mengatasi tantangan-tantangan yang akan dihadapi.

Para peserta berasal dari berbagai instansi se-Kalimantan, baik tingkat kabupaten/kota maupun provinsi seperti BAPPEDA, BPS, Bank Indonesia, serta Satuan Kerja Perangkat Daerah Provinsi Kalsel.

#GerakanCintaData
#DataMencerdaskanBangsa

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kabupaten Dompu (Statistics Indonesia Dompu Regency) Jln. Akasia No. 2 Dompu 84211

Telp (0373) 21084

Faks (0373) 21084

Mailbox : bps5205@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik