Seminar Official Statistics: Kaitkan Kemiskinan dengan Perilaku Menabung - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Dompu

Untuk mendapatkan data mengenai statistik Kabupaten Dompu silakan datang ke Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kabupaten Dompu Jl. Akasia No. 2 Dompu 84211, Telp. & Fax (0373) 21084, Mailbox : bps5205@bps.go.id

Publikasi Kabupaten Dompu Dalam Angka 2023 dapat diunduh melalui link berikut

Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) BPS Kabupaten Dompu

Seminar Official Statistics: Kaitkan Kemiskinan dengan Perilaku Menabung

Seminar Official Statistics: Kaitkan Kemiskinan dengan Perilaku Menabung

25 Oktober 2018 | Kegiatan Statistik


Jakarta - Tarian Muli Siger dari Lampung menyambut kedatangan Kepala BPS, Kecuk Suhariyanto di Seminar Nasional Official Statistics 2018 yang bertempat di Auditorium Politeknik Statistika (Polstat) STIS, (25/10). Seminar yang merupakan rangkaian kegiatan Dies Natalis ke-60 ini baru pertama kali dilaksanakan. Tema yang diambil adalah “Kajian Kemiskinan dari Perspektif Pengeluaran dan Perilaku Menabung, serta Determinannya di Provinsi Bengkulu Tahun 2018".

Dalam sambutannya di hadapan sekitar 1200 peserta, Kecuk menyampaikan, “Kemiskinan menjadi momok yang mengerikan bukan hanya bagi negara berkembang, bahkan negara maju sekalipun. Karena ketika orang menjadi miskin berarti dia harus berjuang mencari sesuap nasi. Belum terpikirkan apa yang terjadi untuk esok hari." Kecuk melanjutkan, “Pemerintah saat ini sudah membuat berbagai program untuk mengentaskan kemiskinan. Sudah banyak keberhasilan yang dilakukan pemerintah hingga mencapai angka kemiskinan sebesar 9,82 persen. Kemiskinan bukan hanya tanggung jawab pemerintah, tetapi merupakan tanggung jawab kita bersama."

Persoalan kemiskinan inilah yang mengusik mahasiswa Praktik Kerja Lapangan (PKL) Polstat STIS mengkaji penyebab kemiskinan di Provinsi Bengkulu dalam perspektif yang berbeda, yaitu perilaku menabung. "Apakah orang miskin bisa menabung? Dari mana orang miskin bisa menabung? Inilah yang menarik dikaji dari penelitian ini," ungkap Kecuk.

Ahmad Erani Yustika, Staf Khusus Presiden Bidang Ekonomi dan Direktur Eksekutif INDEF yang menjadi keynote speaker menyampaikan tentang peran penting data. “Di luar dari topik kemiskinan, di sini saya ingin menyampaikan betapa data atau statistik itu sangat penting. Seperti dua hari yang lalu, ketika diumumkan data produksi beras, kita semua menjadi mengerti seberapa besar suatu komoditas diproduksi dan untuk mendapatkan data tersebut dibutuhkan perjuangan yang luar biasa. Begitu data beras disampaikan akan dikuti oleh banyak kebijakan dan program-program yang berubah karena data tersebut," jelas Erani.

Seminar menghadirkan pembicara, yaitu Agnes Tuti Rumiati (Dosen Institut Teknologi Sepuluh November), Setyo Budiantoro (Manajer Pilar Pengembangan Ekonomi Sekretariat SDGs Bappenas), dan Dyah Anugrah Kuswardani (Kepala BPS Provinsi Bengkulu). Sebagai moderator adalah Margo Yuwono, Ketua Ikatan Perstatistikan Indonesia.

#PolstatSTIS
#FaktaData

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kabupaten Dompu (Statistics Indonesia Dompu Regency) Jln. Akasia No. 2 Dompu 84211

Telp (0373) 21084

Faks (0373) 21084

Mailbox : bps5205@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik