SimDaSi, Upaya Integrasi Data - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Dompu

Untuk mendapatkan data mengenai statistik Kabupaten Dompu silakan datang ke Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kabupaten Dompu Jl. Akasia No. 2 Dompu 84211, Telp. & Fax (0373) 21084, Mailbox : bps5205@bps.go.id

Publikasi Kabupaten Dompu Dalam Angka 2023 dapat diunduh melalui link berikut

Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) BPS Kabupaten Dompu

SimDaSi, Upaya Integrasi Data

SimDaSi, Upaya Integrasi Data

26 November 2018 | Kegiatan Statistik


Jakarta - "Kita ingin meningkatkan integrasi data dengan satu data," ujar Kepala BPS, Kecuk Suhariyanto mengawali kegiatan “Sosialisasi Satu Data Indonesia Menuju Revolusi Industri 4.0” di Swiss-Belhotel Mangga Besar Jakarta, (24/11).

Sosialisasi ini mengundang kepala pusat data dan informasi kementerian/lembaga; kepala dinas komunikasi, informatika, dan statistik provinsi seluruh Indonesia; serta kepala BPS provinsi seluruh Indonesia. Para pakar dihadirkan sebagai narasumber, yaitu M. Ari Nugraha (Deputi Bidang Metodologi dan Informasi Statistik BPS), Yanuar Nugroho (Deputi II Kepala Staf Kepresidenan), dan Yudho Giri Sucahyo (Praktisi IT). Sebagai moderator adalah Sekretaris Utama BPS, Adi Lumaksono.

"Statistik bukan hanya dihasilkan BPS, ada statistik sektoral yg dikumpulkan kementerian/lembaga, juga ada statistik khusus. Bagaimana kita menggabungkan tiga statistik ini menjadi satu kesatuan Sistem Statistik Nasional," ujar Kecuk. Pada tingkat nasional, data statistik sektoral disajikan dalam publikasi Statistik Indonesia, sedangkan di tingkat daerah dalam publikasi Daerah Dalam Angka.

Beberapa kajian data telah dilakukan di beberapa provinsi dan ditemukan adanya inkonsistensi penyajian data, baik di level nasional, provinsi, maupun kabupaten/kota. "Kalau disandingkan dengan data yang ada tidak konsisten. Perlu ditelusuri apakah ada perbedaan kondef (konsep definisi, red)," lanjut Kecuk. Persoalan ini juga ditambah dengan belum kuatnya forum data di pusat dan di daerah.

Satu Data Indonesia saat ini sedang diupayakan dalam Rancangan Peraturan Presiden. Kecuk juga menjelaskan saat ini sedang dikembangkan Sistem Data Statistik Terintegrasi (SimDaSi), sebuah implementasi dari penerapan prinsip-prinsip satu data dalam kompilasi data statistik sektoral, yang dapat menjadi solusi dalam mengatasi inkonsistensi data sektoral. SimDaSi dikembangkan menyesuaikan dengan kesiapan kementerian/lembaga/dinas/instansi dalam men-support data.

#GerakanCintaData
#FaktaData

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kabupaten Dompu (Statistics Indonesia Dompu Regency) Jln. Akasia No. 2 Dompu 84211

Telp (0373) 21084

Faks (0373) 21084

Mailbox : bps5205@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik