Workshop Perusahaan Perkebunan: Awal Sinergi yang Berkesinambungan - Berita - Badan Pusat Statistik Kabupaten Dompu

Untuk mendapatkan data mengenai statistik Kabupaten Dompu silakan datang ke Pelayanan Statistik Terpadu BPS Kabupaten Dompu Jl. Akasia No. 2 Dompu 84211, Telp. & Fax (0373) 21084, Mailbox : bps5205@bps.go.id

Publikasi Kabupaten Dompu Dalam Angka 2023 dapat diunduh melalui link berikut

Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) BPS Kabupaten Dompu

Workshop Perusahaan Perkebunan: Awal Sinergi yang Berkesinambungan

Workshop Perusahaan Perkebunan: Awal Sinergi yang Berkesinambungan

23 Juli 2019 | Kegiatan Statistik


Jakarta - Polemik data komoditas strategis perkebunan seringkali dikeluhkan banyak pihak. Data produksi dan luas lahan komoditas sawit misalnya, juga memicu saling curiga antara pelaku usaha dan pemerintah.

Permasalahan itulah yang coba diurai BPS melalui Workshop Perusahaan Perkebunan dengan tema "Sinergi Menuju Satu Data Perkebunan Indonesia" di Hotel Golden Boutiqe, Jakarta, (22/7). Acara yang dibuka Deputi Bidang Statistik Produksi BPS, M. Habibullah dihadiri juga oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian, Antarjo Dikin, perwakilan dari asosiasi perkebunan, berbagai perusahaan perkebunan, dewan komoditas, serta unsur kementerian/lembaga yang terkait dengan perkebunan di Indonesia.

"Perpres satu data yang telah ditandatangani Presiden RI harus jadi roh agar satu data tercapai. Data perkebunan itu dinamis dan banyak komoditasnya. Kita sama-sama kerja sama. Kuncinya kerja sama tersebut dilakukan secara berkesinambungan," ujar Habibullah ketika membuka acara tersebut. Hal itu diamini oleh Dikin yang berharap kerja sama tersebut dapat dimonitor secara real-time. Ia juga mengaku bahwa selama ini tantangan pada Kementerian Pertanian RI salah satunya adalah belum terjalinnya satu data dan satu peta perkebunan di Indonesia.

Salah satu narasumber yang dihadirkan dalam workshop tersebut adalah Fransiscus Welirang, Direktur PT. Indofood Sukses Makmur Tbk. "Indonesia ini luas. Produksi di Sulawesi, kebutuhan di Medan. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui produksi, distribusi, konsumsi, dan subsidi yang diberikan oleh pemerintah. Satu data. Kalau nggak konsumen nangis," ujarnya.

Workshop yg dimoderatori Direktur Statistik Tanaman Pangan, Holtikultura, dan Perkebunan BPS, Hermanto tersebut berjalan menarik, terbukti dengan maraknya tanggapan peserta. "BPS harus hadir untuk mengasistensi pemerintah dengan data kekinian. Salah satunya data produksi perkebunan," jelas Hermanto.

#GerakanCintaData
#FaktaData

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kabupaten Dompu (Statistics Indonesia Dompu Regency) Jln. Akasia No. 2 Dompu 84211

Telp (0373) 21084

Faks (0373) 21084

Mailbox : bps5205@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik