Tunjukkan Independensi BPS di Tahun Politik - News - BPS-Statistics Indonesia Dompu Regency

-

Dompu Regency In Figures Publication 2023 could be downloaded here

Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) BPS Kabupaten Dompu

Tunjukkan Independensi BPS di Tahun Politik

Tunjukkan Independensi BPS di Tahun Politik

March 22, 2018 | Other Activities


Bogor - Begitu strategisnya Indeks Pembangunan Manusia (IPM), Deputi Bidang Neraca dan Analisis Statistik BPS, Sri Soelistyowati mengingatkan bahwa tahun ini merupakan tahun politik sehingga IPM akan digunakan tidak hanya dalam perencana dan evaluasi pemerintah, tetapi juga bahan kampanye para petarung politik. "BPS harus dapat menunjukkan independensi dan integritas BPS yang tidak dapat didikte oleh pihak mana pun," tegas Lies, begitu disapa, saat membuka Rekonsiliasi IPM 2017 "Menuju Manusia Indonesia yang Bermartabat" di Bogor (20/3). Acara yang masih berlangsung hingga esok hari ini, diikuti oleh seluruh Kepala Seksi Analisis Statistik Lintas Sektor BPS provinsi.
.
IPM merupakan indikator untuk mengukur kualitas hidup manusia (masyarakat/penduduk). Selain itu, di Indonesia, IPM juga digunakan sebagai salah satu alokator penentuan Dana Alokasi Umum di tingkat kabupaten/kota. Rekonsiliasi IPM 2017 ini penting untuk mencapai angka IPM kabupaten/kota yang sahih dan andal. "Peningkatan kualitas data IPM telah diupayakan melalui penyempurnaan sistem penghitungan, mempercepat waktu rilis data, serta penyempurnaan metodologi," lanjut Lies.
.
Dihadirkan pula dua narasumber, yaitu I Dewa Gede Karma Wisana (Dosen dan Peneliti Lembaga Demografi UI) yang menyajikan bagaimana berpikir kritis dan analitis dalam membaca data, serta Elga Yulwardian (Professional & Digital Strategist, CEO Ivosights) yang memaparkan tentang pemanfaatan big data dalam sektor bisnis.
.
#GerakanCintaData 
#DataMencerdaskanBangsa
Badan Pusat Statistik

BPS-Statistics Indonesia

Badan Pusat Statistik Kabupaten Dompu (Statistics Indonesia Dompu Regency) Jln. Akasia No. 2 Dompu 84211

Telp (0373) 21084

Faks (0373) 21084

Mailbox : bps5205@bps.go.id

logo_footer

Manual

ToU

Links

Copyright © 2023 BPS-Statistics Indonesia