Pengolahan Data, Kunci Keberhasilan Data Pangan Terkini - News - BPS-Statistics Indonesia Dompu Regency

-

Dompu Regency In Figures Publication 2023 could be downloaded here

Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) BPS Kabupaten Dompu

Pengolahan Data, Kunci Keberhasilan Data Pangan Terkini

Pengolahan Data, Kunci Keberhasilan Data Pangan Terkini

August 15, 2018 | BPS Activities


Bogor –“Data yang berkualitas paling tidak mencakup tiga dimensi, yaitu waktu, bentuk, dan kebutuhan. Dimensi waktu bermakna data harus kekinian, up to date. Jika diminta sekarang ya harus diberikan sekarang,” ujar Direktur Sistem Informasi Statistik BPS, Muchammad Romzi dalam sambutannya di depan 102 Calon Innas Pengolahan Survei Struktur Ongkos Usaha Tanaman Hortikultura (SOUH) 2018, (14/8). Terkait hal tersebut, BPS ingin menjawab kebutuhan data kekinian yang valid dan dapat menggambarkan struktur ongkos profil petani usaha dan karakteristik tanaman hortikultura.

Data struktur ongkos merupakan data yang penting untuk penyusunan Produk Domestik Bruto (PDB), pengukuran kesejahteraan petani, dan pemenuhan data ketahanan pangan. Survei SOUH mencakup 34 provinsi dengan sampel 114.700 rumah tangga petani hortikultura yang melibatkan petugas sebanyak 5.121 orang. Dari hasil SOUH 2018 ini salah satunya akan diperoleh data terkini mengenai biaya produksi dan struktur biaya di subsektor hortikultura.

Pada kesempatan yang sama, Hermanto, Direktur Statistik Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan BPS mengingatkan peserta untuk serius dalam proses pengolahan. “Pelaksanaan lapangan yang gegap gempita dan cepat akan menjadi sangat menyedihkan jika finishing-nya tidak sukses” ujarnya.

#GerakanCintaData
#DataMencerdaskanBangsa

Badan Pusat Statistik

BPS-Statistics Indonesia

Badan Pusat Statistik Kabupaten Dompu (Statistics Indonesia Dompu Regency) Jln. Akasia No. 2 Dompu 84211

Telp (0373) 21084

Faks (0373) 21084

Mailbox : bps5205@bps.go.id

logo_footer

Manual

ToU

Links

Copyright © 2023 BPS-Statistics Indonesia