Seksinya Data Inflasi, Dinanti Banyak Pihak - News - BPS-Statistics Indonesia Dompu Regency

-

Dompu Regency In Figures Publication 2023 could be downloaded here

Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) BPS Kabupaten Dompu

Seksinya Data Inflasi, Dinanti Banyak Pihak

Seksinya Data Inflasi, Dinanti Banyak Pihak

October 25, 2018 | BPS Activities


Jakarta - Setelah mengikuti Rapat Teknis Kepala BPS Kabupaten/Kota selama tiga hari (22 -24 Oktober 2018), kini sebanyak 90 kepala BPS kabupaten/kota yang terkena sampel inflasi kembali berkumpul di Hotel Borobudur mengikuti kegiatan "Evaluasi Survei Biaya Hidup (SBH) 2018 Menuju Data Inflasi Berkualitas", (25/10).

Dalam sambutannya, Kepala BPS, Kecuk Suhariyanto mengatakan permintaan data BPS semakin lama semakin meningkat. Perhatian pemerintah dan ekonom terhadap data BPS luar biasa besar. Hal ini ditandai dengan menjadikan data BPS sebagai topik utama dalam sidang kabinet. “Perhatiannya sangat besar, untuk itu sebuah apresiasi buat kita semua. Tetapi, di satu satu kita harus meningkatkan tanggung jawab kita bagaimana menyajikan data yang berkualitas,” ujar Kecuk.

Lebih lanjut Kecuk mengatakan bahwa salah satu data strategis yang dihasilkan BPS adalah data inflasi. Data ini digunakan sebagai salah satu indikator untuk menyusun asumsi RAPBN. “Ketika kita merilis inflasi jam 11 itu ditunggu-tunggu banyak pihak. Sepuluh menit saya mengeluarkan inflasi, indeks harga saham bergerak positif atau negatif, memberikan sentimen yang bagus atau sebaliknya,” jelasnya.

Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS, Yunita Rusanti menambahkan, "Kita patut bangga bahwa Indonesia merilis data Inflasi up to date, artinya dalam tahun berjalan di setiap hari kerja pertama setiap bulan kita sudah bisa merilis angka," ujarnya. Menurut Yunita, capaian tersebut jarang bisa dilakukan negara lain.

Pada tahun 2012, Survei Biaya Hidup (SBH) dilakukan di 82 kota inflasi. Namun, tahun ini bertambah delapan kabupaten/kota lagi, yaitu Kota Gunung Sitoli, Kabupaten Sumba Timur, Kabupaten Sintang, Kabupaten Kota Baru, Kabupaten Bulungan, Kota Kotamobagu, Kabupaten Luwuk, dan Kabupaten Mimika.

Pada kesempatan tersebut, juga diadakan diskusi yang menampilkan Iskandar Simorangkir, Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI sebagai narasumber. Diskusi mengangkat tema “Peran Data Harga dan Inflasi dalam Sistem Peringatan Dini, Stabilisasi Harga, dan Kebijakan Ekonomi Moneter".

#GerakanCintaData
#FaktaData

Badan Pusat Statistik

BPS-Statistics Indonesia

Badan Pusat Statistik Kabupaten Dompu (Statistics Indonesia Dompu Regency) Jln. Akasia No. 2 Dompu 84211

Telp (0373) 21084

Faks (0373) 21084

Mailbox : bps5205@bps.go.id

logo_footer

Manual

ToU

Links

Copyright © 2023 BPS-Statistics Indonesia