Merayu Lulusan PKN STAN Bekerja di BPS - News - BPS-Statistics Indonesia Dompu Regency

-

Dompu Regency In Figures Publication 2023 could be downloaded here

Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) BPS Kabupaten Dompu

Merayu Lulusan PKN STAN Bekerja di BPS

Merayu Lulusan PKN STAN Bekerja di BPS

October 4, 2019 | Other Activities


Tangerang Selatan - Berawal dari keinginan Menteri Keuangan RI tiga tahun lalu, agar pengelolaan keuangan negara di setiap K/L diperkuat, maka diambillah kebijakan untuk menempatkan lulusan Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN) ke setiap K/L. Kebijakan yang telah direalisasikan sejak tahun 2016 tersebut hingga kini masih berlanjut, walau masih terbatas pada lulusan DI Perbendaharaan, Diploma III Manajemen Asset, dan DIII Akuntansi.

BPS adalah satu di antara 31 instansi yang akan mendapat "jatah" para lulusan tersebut. Jumlahnya, masih menunggu keputusan KemenPAN RB. Penempatan para lulusan tersebut ke BPS merupakan yang pertama kali, setelah pada tahun sebelumnya (walaupun sudah mengajukan) belum mendapat “jatah”. Menurut rencana mereka akan ditempatkan di BPS Pusat, Provinsi Sumatera Utara, Sulawesi Selatan, dan provinsi- provinsi Pulau Jawa.

Dalam upaya mengenalkan masing-masing K/L kepada 731 lulusan PKN STAN yang akan ditempatkan di K/L tersebut, Kementerian Keuangan RI (Kemenkeu) pada tanggal 1-2 Oktober 2019 mengadakan K/L Fest di Gedung Student Center, PKN STAN, dibilangan Bintaro, Tangerang Selatan, Banten. Sebanyak 31 K/L ambil bagian dalam ajang ini yang dibagi dalam dua hari. BPS bersama 13 K/L lainnya mendapat jadwal pada hari pertama (1/9).

Pada ajang tersebut, setiap K/L menjelaskan tugas dan fungsi, penempatan, serta informasi lainnya terkait Jabatan Pengelola Keuangan yang ditawarkan, serta program pengembangan pegawai yang bisa diraih di K/L yang bersangkutan. Media berupa brosur, layar LCD, laptop, serta souvenir pun digunakan setiap K/L guna menarik minat para lulusan untuk berkunjung.

"Kita bakal bekerja dengan baik sesuai dengan nilai-nilai Kemenkeu yang sudah kami peroleh. Selanjutnya saya akan mengaplikasikan ilmu saya ke BPS,” ujar Tasya salah satu lulusan D1 Perbendaharaan ketika ditanya apa yang akan dilakukan jika diterima di BPS.

Sedangkan Mutia, juga lulusan yang sama, mengatakan bahwa rencana ke depan dia akan membuat inovasi tentang pengelolaan anggaran. “Nanti mau kerjasama dengan yang bisa buat aplikasi di BPS tentang pengelolaan anggaran yang baik itu bagaimana, sehingga bisa diakses sama semuanya, pengaturan anggarannya jadi bersinergi, datanya nggak terpisah, jadi satu data,” jelasnya.

Badan Pusat Statistik

BPS-Statistics Indonesia

Badan Pusat Statistik Kabupaten Dompu (Statistics Indonesia Dompu Regency) Jln. Akasia No. 2 Dompu 84211

Telp (0373) 21084

Faks (0373) 21084

Mailbox : bps5205@bps.go.id

logo_footer

Manual

ToU

Links

Copyright © 2023 BPS-Statistics Indonesia