Bukan Sekedar Evaluasi tapi Kolaborasi - News - BPS-Statistics Indonesia Dompu Regency

-

Dompu Regency In Figures Publication 2023 could be downloaded here

Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) BPS Kabupaten Dompu

Bukan Sekedar Evaluasi tapi Kolaborasi

Bukan Sekedar Evaluasi tapi Kolaborasi

October 24, 2019 | Other Activities


Bandung – Setelah melalui proses pengolahan dan analisis, seluruh data yang telah dikumpulkan di lapangan selanjutnya akan melalui proses diseminasi untuk dirilis sebagai publikasi. Begitu pula kondisi dengan saat ini yang dialami lingkungan Direktorat Statistik Distribusi BPS yang telah merampungkan pendataan lapangan pada akhir bulan September lalu. Berbagai fenomena yang terjadi selama pendataan menuntut adanya penjelasan yang harus diketahui segenap pihak sebagai bahan untuk evaluasi.

Banyaknya kegiatan survei di lingkungan Statistik Distribusi menuntut adanya kesamaan persepsi. Sebut saja Survei Perdagangan Antar Wilayah (PAW), Survei Pola Distribusi (Poldis), Pemutakhiran Direktori Usaha Perdagangan Besar, Survei Profil Pasar, Updating Direktori Pasar, Survei Triwulanan Kegiatan Usaha (STKU), Survei Peningkatan Kualitas Ekspor, dan beberapa tambahan survei terkait statistik transportasi.

Saling bertukar wawasan serta inisiasi integrasi dalam pelaksanaan survei-survei di lingkungan Direktorat Statistik Distribusi BPS, menjadi pembahasan utama pada kegiatan Evaluasi Kegiatan Statistik Distribusi Tahun 2019 yang dilaksanakan selama 3 hari efektif dari tanggal 22-24 Oktober 2019 di hotel Papandayan, Bandung.

“Setelah kegiatan ini saya harap semua mengetahui fenomena apa yang terjadi dibalik naik-turunnya data. Banyaknya pekerjaan di lingkungan ini menuntut kita semua bekerja cerdas. Jangan lupa bahagia,” jelas Efliza, Direktur Statistik Distribusi BPS, saat membuka kegiatan ini secara resmi, pada Rabu (23/10). Kegiatan evaluasi ini pun difasilitasi capacity building untuk meningkatkan komunikasi dan koordinasi di lingkungan statistik distribusi.

Diskusi menarik pun tak terelakkan. Seratus peserta yang terdiri dari jajaran Kepala Bidang Statistik Distribusi, Kepala Seksi Niaga dan Jasa BPS Provinsi seluruh Indonesia, serta Bagian Metodologi dan Subject Matter terkait di BPS RI, menjelaskan kondisi di daerah masing-masing dan memberi masukkan terkait kegiatan Statistik Distribusi di tahun berikutnya. “Kita berkumpul tidak hanya evaluasi, tetapi kolaborasi. Ini adalah pekerjaan tim, bukan antara atasan dan bawahan,” jelas Mimin Karmiati, Kepala Subdirektorat Statistik Perdagangan Dalam Negeri BPS selaku ketua penyelenggara.

Badan Pusat Statistik

BPS-Statistics Indonesia

Badan Pusat Statistik Kabupaten Dompu (Statistics Indonesia Dompu Regency) Jln. Akasia No. 2 Dompu 84211

Telp (0373) 21084

Faks (0373) 21084

Mailbox : bps5205@bps.go.id

logo_footer

Manual

ToU

Links

Copyright © 2023 BPS-Statistics Indonesia