Sinergi Mewujudkan Satu Data Kependudukan - News - BPS-Statistics Indonesia Dompu Regency

-

Dompu Regency In Figures Publication 2023 could be downloaded here

Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) BPS Kabupaten Dompu

Sinergi Mewujudkan Satu Data Kependudukan

Sinergi Mewujudkan Satu Data Kependudukan

November 28, 2018 | Other Activities


Yogyakarta - Melaksanakan sebuah sensus perlu persiapan yang cukup panjang. Terlebih untuk pagelaran Sensus Penduduk 2020 (SP2020) nanti yang akan menjadi sensus penduduk pertama dengan mengombinasikan data registrasi atau data yang sudah ada. Tak lebih untuk mewujudkan data kependudukan nasional yang lebih akurat.

Dalam acara "Sinergi Mewujudkan Satu Data Kependudukan", (28/11), BPS mendatangkan beberapa perwakilan dari media, swasta, dan kementerian/lembaga dengan niat membangun relasi yang saling mendukung satu sama lain, terutama mengenai data kependudukan. Dari media, Tri Agung Kristanto, Wakil Pemimpin Redaksi Kompas menuturkan bahwa data, terutama dari BPS, merupakan makanan sehari-hari awak media. “Banyak hal menarik dari Sensus Penduduk, dari interaksi antara warga dan petugas sensus bisa menjadi laporan menarik di media massa. Kalau kami (media, red) ikut (terlibat dalam sensus, red) pasti gambarnya akan bagus,” ujarnya menyatakan dukungan.

Dari media elektronik, Achmad Syahreza, Vice President Corporate Business NET. TV menyatakan bahwa sebuah data dapat mendorong kreativitas. “Pada pembuatan NET. pertama kali itu yang kita lihat adalah piramida penduduknya BPS. Kita akan mendukung BPS dalam hal data, karena kita juga butuh data atau insight sebanyak-banyaknya. Data saat ini adalah resource, tinggal human touch-nya, bagaimana angle-nya yang kita angkat,” ungkapnya.

Dari Telkomsel menghadirkan Marvin Mahadharma, Head of Data Insight Business Development yang berbicara bahwa saat ini Telkomsel mencatat ada 94 persen orang yang mengakses internet lewat ponselnya. “Di dunia yang semakin digital ini, ledakan data semakin besar. Kami mempunyai semangat yang sama untuk menyukseskan program Sensus Penduduk, walaupun kami juga harus mengkaji lebih dalam lagi,” ujarnya.

Berbagai dukungan SP2020 dalam semangat mewujudkan sinergitas data kependudukan disampaikan pula oleh Dirjen Dukcapil, Bappenas, dan UNFPA. Dalam semangat sinergitas yang sama, Margo Yuwono, Deputi Bidang Statistik Sosial BPS menyampaikan optimismenya, "Big data adalah sebuah keniscayaan, sudah saatnya kita menggandeng instansi, kementerian, lembaga untuk sinergitas data. Bukan saatnya lagi satu produk dikerjakan oleh banyak pihak. Ini akan meringankan beban kita dan jauh lebih efisien dan efektif."
#SP2020
#GerakanCintaData

Badan Pusat Statistik

BPS-Statistics Indonesia

Badan Pusat Statistik Kabupaten Dompu (Statistics Indonesia Dompu Regency) Jln. Akasia No. 2 Dompu 84211

Telp (0373) 21084

Faks (0373) 21084

Mailbox : bps5205@bps.go.id

logo_footer

Manual

ToU

Links

Copyright © 2023 BPS-Statistics Indonesia