Kecuk: Cintai Indonesia, Tempat Kita Akan Menutup Mata - News - BPS-Statistics Indonesia Dompu Regency

-

Dompu Regency In Figures Publication 2023 could be downloaded here

Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) BPS Kabupaten Dompu

Kecuk: Cintai Indonesia, Tempat Kita Akan Menutup Mata

Kecuk: Cintai Indonesia, Tempat Kita Akan Menutup Mata

August 17, 2019 | Other Activities


Jakarta - “Terima kasih atas kesediaan Saudara-saudara sekalian untuk mengikuti upacara ini yang kebetulan jatuh di hari Sabtu. Pengorbanan kita ini tidak ada apa apanya dibandingkan dengan pengorbanan para pahlawan dan pendiri bangsa dalam merebut kemerdekaan. Semangat Proklamasi harus terus kita pelihara untuk mewujudkan data yang berkualitas untuk semua,” ucap Kepala BPS, Kecuk Suhariyanto saat memberikan amanat dalam Upacara Bendera Peringatan HUT ke-74 RI di BPS pagi tadi, (17/8).

Tak hanya harus mengikuti upacara di pengujung minggu, para pegawai BPS juga diimbau untuk menggunakan pakaian adat/batik/kain tenun sebagai dresscode upacara. Hal ini merupakan tahun kedua BPS melakukan upacara serupa. “Terima kasih untuk upaya ekstra yang Saudara-saudara berikan untuk memeriahkan hari istimewa ini. Imbauan untuk mengenakan pakaian adat ini semoga tidak dimaknai sebagai paksaan, tetapi dilakukan atas kesadaran tentang dua hal. Pertama, menumbuhkan kecintaan pada adat dan budaya Indonesia yang sangat adi luhung, indah, dan mengandung nilai-nilai luhur. Kedua, memperkuat semangat Bhinneka Tunggal Ika yang menjadi pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di NKRI,” ujar Kecuk menyampaikan terima kasihnya sekali lagi kepada para peserta upacara. Hari ini, Kecuk khusus mengenakan pakaian adat Kepulauan Anambas, Kepulauan Riau, yaitu Teluk Belanga dengan "tanjak" sebagai aksesoris di kepala.

Sesuai tema HUT ke-74 RI, yaitu “SDM Unggul Indonesia Maju,” dalam amanatnya Kecuk menekankan, jika tema ini sejalan dengan pembenahan dan peningkatan pengelolaan SDM yang sedang dilakukan BPS. Ia yakin potensi SDM yang dimiliki BPS dapat dikelola untuk mewujudkan Smart ASN (Aparatur Sipil Negara, red) yang berintegritas, memiliki nasionalisme tinggi, profesional, berwawasan global, melek IT dan menguasai bahasa asing, menunjukkan hospitality, mampu membangun networking yang luas, dan serta berjiwa entrepreneurship. "Yang dimaksud entrepreneurship berarti kita harus mampu mengenali peluang baru agar BPS semakin maju, melahirkan inovasi-inovasi baru untuk mempermudah pengumpulan dan meningkatkan kualitas data, diseminasinya, dan seterusnya,” jelas Kecuk.

Jika tahun lalu petugas upacara adalah pimpinan eselon I BPS, kali ini petugasnya adalah eselon II BPS. “Semangat dan terharu karena rasa cinta kepada NKRI semakin dalam,” sahut Hermanto, Direktur Statistik Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan BPS yang didaulat menjadi pemimpin upacara. Setelah upacara, para pegawai disuguhkan pesta rakyat yang dimeriahkan dengan lomba joget balon, hiburan lagu, pemilihan baju adat terbaik, dan flashmob senam Sensus Penduduk 2020 (SP2020). “Dirgahayu Indonesiaku. Mari kita cintai Indonesia, tempat di mana kita dilahirkan, tempat di mana kita akan menutup mata,” tutup Kecuk haru.

#SDMUnggul
#IndonesiaMaju
#74thIndonesia
#HutRIdiBPS

Badan Pusat Statistik

BPS-Statistics Indonesia

Badan Pusat Statistik Kabupaten Dompu (Statistics Indonesia Dompu Regency) Jln. Akasia No. 2 Dompu 84211

Telp (0373) 21084

Faks (0373) 21084

Mailbox : bps5205@bps.go.id

logo_footer

Manual

ToU

Links

Copyright © 2023 BPS-Statistics Indonesia