Tunas Muda BPS di Era Revolusi Industri 4.0 - News - BPS-Statistics Indonesia Dompu Regency

-

Dompu Regency In Figures Publication 2023 could be downloaded here

Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) BPS Kabupaten Dompu

Tunas Muda BPS di Era Revolusi Industri 4.0

Tunas Muda BPS di Era Revolusi Industri 4.0

August 19, 2019 | Other Activities


Jakarta - “Di era Revolusi Industri 4.0 ini, inovasi yang dilakukan mahasiswa STIS tidak hanya bermanfaat untuk BPS, tetapi juga untuk Indonesia,” ucap Kepala BPS, Kecuk Suhariyanto dalam sambutannya pada kuliah perdana Politeknik Statistika (Polstat) STIS, pagi tadi, (19/7). Bersama Margo Yuwono, Deputi Bidang Statistik Sosial BPS, Kecuk memantik semangat dan gairah 1600 mahasiswa yang hadir. Keduanya tampil bertenaga membius darah muda BPS dengan retorika dan joke-joke yang memancing tawa.

Beda dengan kuliah rutin dan tidak mau terlihat kaku, perkuliahan ini hadir dengan konsep talkshow bersama Erni Tri Astuti, Direktur Polstat STIS yang bertindak sebagai moderator. Tema yang diangkat adalah “Statistik di Era Revolusi Industri 4.0”.

Dengan public speaking yang mumpuni, Kecuk mengimbau, “Era Revolusi Industri 4.0 adalah era big data, BPS harus cepat beradaptasi dengan hal ini.” BPS sudah mulai menggunakan big data dalam beberapa metodologi survei dengan cara mengombinasikan metode konvensional dan big data.

"Sebagai penyedia data, big data tidak akan menggantikan posisi BPS. Justru BPS akan memanfaatkan big data dalam upaya melengkapi official data yang lebih akurat,” tutup Kecuk pada sesi pertama diskusi.

Margo menjelaskan bahwa Sensus Penduduk 2020 (SP2020) adalah salah satu contoh pemanfaatan big data oleh BPS. “SP2020 dengan metode kombinasi adalah langkah awal. Sensus selanjutnya, kita berharap penuh dari data registrasi penduduk,” ujar Margo dengan rasa optimisme tinggi.

Pada sesi terakhir, Kecuk dan Margo bersama-sama menjelaskan tentang softskill yang harus dimiliki ASN BPS kedepannya. “Kerja sama dan kolaborasi adalah teknik yang wajib kalian kuasai,” ujar Kecuk. “Untuk menguasai itu, dibutuhkan juga teknik berkomunikasi. Pelajari itu juga, jangan angka-angka melulu,” tambah Margo dengan sedikit tawa di akhir diskusi.

#PolstatSTIS
#GerakanCintaData

Badan Pusat Statistik

BPS-Statistics Indonesia

Badan Pusat Statistik Kabupaten Dompu (Statistics Indonesia Dompu Regency) Jln. Akasia No. 2 Dompu 84211

Telp (0373) 21084

Faks (0373) 21084

Mailbox : bps5205@bps.go.id

logo_footer

Manual

ToU

Links

Copyright © 2023 BPS-Statistics Indonesia